DEFINISI INTERFACE PADA KOMPUTER
Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia,
interface atau dalam istilah Indonesianya Antar Muka
dapat diartikan sebagai sebuah titik, wilayah, atau permukaan di mana dua zat
atau benda berbeda bertemu; dia juga digunakan secara metafora untuk perbatasan
antara benda.
Dalam hubungannya
dengan perangkat lunak, interface dapat diartikan
sebagai sarana atau medium atau sistem operasi yang digunakan untuk
menghubungkan antara perangkat mikroprosesor agar dapat berkomunikasi dengan
pengguna (user). Sedangkan pada konteks perangkat keras interface berarti
komponen elektronika yang menghubungkan atau mengkomunikasikan prosesor dengan
komponen atau perangkat lain dalam suatu sistem.
Interface (antarmuka) adalah
salah satu layanan yang disediakan system operasi sebagai
sarana interaksi
antara pengguna dengan system operasi. Antarmuka adalah komponen system operasi
yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu
Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).
CLI adalah tipe
interface dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text
terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program system operasi tersebut
dengan cara mengetikan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama tiap-tiap
system operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX
memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft
Disk Operating System (Ms. DOS) member nama command.com atau Command Prompt.
Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya dengan PowerShell.
Pengguna Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah
commandshell.
GUI adalah tipe antarmuka yang
digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui
gambar-gambar grafik, ikon menu, dan menggunakan perangkat petunjuk (pointing
device) Seperti mouse dan track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bias
diringkas dalam konsep WIMP (window. Icon, menu, pointing device).
Fitur Antar Muka
Penguna Telematika Dalam Antar Muka Telematika terdapat 6 jenis fitur yaitu:
1.
Head Up Display System Merupakan sebuah tampilan
transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunaannya untuk melihat
ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya.
2.
Tangible User Interface Antarmuka
dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan
fisik.
3.
Computer Vision Merupakan ilmu
pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
4.
Browsing Audio Data Browsing audio
data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan menggunakan input audio
5.
Speech Recognition Merupakan salah
satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan
6.
Speech Synthesis Merupakan hasil
kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.
Pada komputer sendiri interface mempunyai fungsi penting dalam menghubungkan mikroprosesor secara langsung dengan piranti yang ingin dijalankannya.
Diperlukan suatu teknik untuk mengantarmukakan (interfacing) pemroses utama
dengan piranti dari luar. Teknik ini dapat digunakan melalui :
1.
Perangkat
Lunak, berupa program yakni suatu prosedur tertentu untuk menjalankan piranti.
Dalam dunia computer program ini lebih dikenal dengan Driver/Installer. Adapula
perangkat lunak yang dimasukkan kedalam perangkat keras yang disebut Firmware.
2.
Perangkat
Keras, yakni berupa piranti khusus mulai dari serpih (IC) yang terintegrasi
dalam sebuah papan induk (Chipsets-Onboard), berupa sebuah port atau bahkan
terintergrasi kedalam papan yang ditancapkan pada system bus (Card).Pada artikel kali ini kita akan mengenal apa itu ? Interfacing.
SLIDE 1
Pengantarmukaan pheriperal komputer merupakan suatu istilah secara harfiah, berarti penghubung antar komputer, baik dengan komputer atau perangkat lain.
Selanjutnya istilah pengantarmukaan pheriperal komputer lebih dikenal dengan istilah Interface komputer / Interfacing. Interfacing adalah perangkat yang diimplementasikan dari rangkaian elektronika.
Oleh karena itu Interfacing melibatkan banyak teknologi yang diliputi oleh disiplin teknik elektrik dan komputer rancang bangun.
Contoh :
- USB
- DB 25/PORT Parallel
- Ps 2
- Bluetooth
1.1. Interfacing Layer
Pada dasarnya sistem mikroprocessor tidak terlepas dari sebuah interfacing yang merupakan bagian dari elektronika. Secara hirarki struktur Interfacing terdapat beberapa layer yaitu :
A.- Electrical / Physical
Fungsi dari layer electrical merupakan layer yang mendasar dari suatu interfacing. Layer ini merupakan layer fisik, karena interfacing dalam penggunaan umum berkaitan dengan setiap alat yang penggunaannya adalah elektronika.
B.- Signal
Layer signal merupakan layer yang digunakan untuk menyampaikan data dari satu titik ketitik lainnya. Pada layer ini tergantung dari layer electrical (fisik) yang dalam penggunaan umum, arus listrik yang digunakan untuk penyampaian data melalui circuit.
C.- Logic
Layer logic adalah pengalamatan dari rangkaian aplikasi, bus interfaciing dan data transfer.
D.- Protocol
Merupakan suatu set peraturan dan procedure untuk bertukar-tukar data. Protocol Interfacing adalah ilmu standar dan implementasi dari suatu komunikasi
E.- Code
Layer Code merupakan representasi simbolik data. data / instruksi dalam bentuk kode/instruksi.
F.- Algoritmic
Merupakan suatu yang berhubungan dengan penggunaan algorithma untuk mendapatkan suatu hasil dalam interfacing
PRINSIP DASAR INTERFACING
A. HANDSAKING
Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun
definisi Handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang
ditentukan saat hubungan dilakukan antara 2 terminal.
Ada 2 macam :
1. Handsaking Hardware.
Yaitu suatu teknik untuk peraturan alir data kesuatu alat penghubung atas isyarat yang
dilaksanakan oleh kawat terpisah.
2. Handsaking Software
Yaitu transmisi data ekstra pada suatu saluran dalam mengendalikan alat yang mengirim data
didalam arah yang lain pada saluran. Alat-alat ini mengirim control-S dan control-Q charachter, untuk
stop dan star transmisi
B. PROTOKOL
Merupakan satu set peraturan dan prosedure untuk
bertukar-tukar data dari 1 terminal ke terminal lainnya, hal ini dapat
kita bedakan antara protokol dengan handsaking karena : fungsi protocol
hanya mengatur signal yang diperoleh melalui hansaking.
C. BUS INTERFACING.
Yaitu alur atau buses dimana berbagai jenis informasi dilewati
antar unsur-unsur sistem mikrokontroller-based . Buses biasanya
digolongkan dalaam kaitan dengan pemilihan waktu protokol yang tak
serentak, syncronous.
Syncronous memanfaatkan suatu web status ( semi-syncronous). Bus menghubungkan sebuah komponen dalam unit Mikrocomputer.
Ada 3 tipe buses, yaitu :
- Data Bus (Bus-D)
Bus dengan (lebar data 8 bit) yaitu dari mikroprosessor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya
- Control Bus (Bus-C)
Meluncurkan signal-signal yang mengatur masa aktif modul mikrocomputer yang sesuai dengan yang
diinginkan menurut kondisi kerja.
- Address Bus (Bus-A)
Meneruskan data alamat ( misal alamat 16 bit ) dari penyimpanan / dari
saluran masukan / keluaran yang diaktifkaan pada saat tertentu.
KONSEP KOMUNIKASI SERIAL
Antar muka kanal serial lebih kompleks atau sulit, dibandingkan dengan antar muka parallel, hal ini disebabkan karena :
1. Dari segi perangkat keras adanya proses konversi data parallel
menjadi serial atau sebaliknya . Menggunakan peranti tambahan yang
disebut UART (Universall Asyncronous Receiver / Transmitter ).
2. Dari segi perangkat lunak lebih banyak register yang digunakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar